4 Manfaat Memelihara Tanaman Di Rumah Untuk Kesehatan

1 Kehadiran tanaman di rumah membantu kita bernafas

Manusia bernapas dengan menghirup oksigen dan memancarkan karbon dioksida, tetapi tanaman dengan fotosintesis melakukan yang sebaliknya. Ini adalah keuntungan utama dari menjaga tanaman di sekitar atau di dalam rumah.

Manfaat Memelihara Tanaman Di Rumah

Namun, perlu diingat bahwa tanaman membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk memaksimalkan proses fotosintesis. Proses fotosintesis ini berhenti pada malam hari, di mana hampir semua tanaman mulai menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Karena itu, akan berbahaya jika kita tidur di sekitar tanaman di malam hari, kecuali untuk beberapa tanaman khusus seperti anggrek, tanaman berbentuk kaktus (sukulen) dan tanaman epifit lainnya yang masih menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen dengan malam Karena itu, menyimpan tanaman ini di dalam ruangan akan tetap aman dan dapat menghasilkan oksigen bahkan di malam hari.

2 Tanaman bisa membersihkan udara rumah.

Polutan dapat menyebar ke mana-mana, terutama di ruang terbuka, dan tidak mengesampingkan kemungkinan polusi udara memasuki rumah. Selain adanya kontaminan, penurunan kualitas udara di rumah juga dapat disebabkan oleh bahan kimia rumah tangga lainnya. Penelitian NASA menunjukkan bahwa tanaman dapat membersihkan udara di dalam ruangan dengan menangkap beberapa partikel pencemar di udara. Ini juga didukung oleh penelitian tambahan yang menemukan bahwa pabrik dapat mengurangi kadar gas ozon yang dikeluarkan oleh elektronik rumah dan kantor.

Salah satu yang mengurangi kualitas udara di dalam rumah adalah kontaminan senyawa organik volatil (VOC) yang dikeluarkan oleh peralatan rumah tangga, seperti bahan pembersih plastik, bahan bangunan dan cat. VOC tidak menyebabkan gejala keracunan jangka pendek, tetapi dapat menyebabkan asma dan kanker dalam waktu yang lama. Satu studi menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat VOC antara tanaman tanpa tanaman dan dengan tanaman, yang berjumlah 933 dan 249 μg / m. Ini menunjukkan bahwa tanaman dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Menurut penyelidikan, jenis-jenis tanaman yang dipilih sebagai pembersih udara di ruangan itu termasuk Spider Plant, Betel Ivory, dan Lidah Mertua. Tanaman itu dipilih karena perawatannya mudah diletakkan di dalam rumah. Untuk membersihkan alam terbuka, cobalah tanaman seperti Azalea, Peace Lily dan tanaman merambat Inggris Ivy. NASA juga merekomendasikan menempatkan tanaman pembersih udara dalam ruangan setiap 30 meter persegi di sekitar rumah.

3 Mengurangi risiko gangguan pada saluran pernapasan.

Gangguan pernapasan erat kaitannya dengan kualitas udara, salah satunya dengan jumlah partikel debu di udara. Munculnya gangguan saluran pernapasan dimulai dengan masuknya kuman bersama dengan partikel debu yang menyebabkan infeksi atau memicu asma. Ini dapat dengan mudah terjadi di lingkungan dengan kelembaban rendah. Tanaman yang disimpan di rumah juga dapat mengurangi partikel debu dengan meningkatkan kelembaban udara, dengan cara menguapkan air dari akar atau tanah yang disimpan di tanaman pot.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan menggantung tanaman, ini dapat mengurangi tingkat debu dalam ruangan hingga 30% dalam waktu sekitar tiga bulan. Tanaman itu sendiri, secara umum, berkontribusi hingga 10% kadar air di lapisan udara.

4 Tanaman dapat meningkatkan kondisi psikologis seseorang.

Berada di taman atau ruangan yang memiliki tanaman akan lebih menenangkan pikiran dan dapat meningkatkan mood. Menurut Asosiasi Terapi Hortikultura Amerika (AHTA), ada beberapa manfaat menjaga tanaman di rumah untuk kondisi psikologis dan kognitif seseorang, yang meliputi:

  • Tingkatkan kepercayaan diri Anda
  • Kurangi stres dan kecemasan.
  • Tingkatkan konsentrasi dan fokus.
  • Tingkatkan kemampuan mengingat

Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan pengaruh peningkatan mood dan kinerja saat seseorang bekerja di ruangan yang dihiasi tanaman, dibandingkan dengan orang yang bekerja di ruangan yang tidak memiliki tanaman. Manfaat berkebun juga meningkatkan kesehatan sosial dengan mendorong seseorang untuk bekerja bersama dan bersosialisasi dengan orang lain.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>