Belajar Membuat Ringkasan Materi Pelajaran Dengan Cara Menarik Dan Efektif

Tetapi sebelum belajar merekam lagi, untuk pemanasan, ajak anak-anak untuk belajar dikte. Guru berkata secara verbal dan anak-anak belajar secara bersamaan menulis dengan tangan. Dari satu kalimat, dua kalimat, dll. Nah, jika kebiasaan dikte sudah berjalan, siswa mungkin diajak beralih ke kebiasaan merekam lagi.

Menurut penelitian, catatan tulisan tangan lebih baik daripada menulis, apapun pelajarannya, misalnya Sains dan Teknologi. Kapasitas intelektual siswa yang belajar berkonsentrasi mendengarkan topik dan menyimpan informasi lebih baik. Bahkan melalui praktik belajar menulis ulang, Anda dapat mulai menyempurnakan dan membiasakan diri dengan siswa sekolah dasar.

Bagi siswa sekolah dasar, mendengarkan sambil mencatat dapat menjadi kendala. Ini karena hal-hal baru dan asing. Ketika guru memberikan materi lisan terlalu cepat, itu bisa menjadi hambatan bagi siswa. Namun, tidak perlu ragu untuk mengajar anak-anak untuk berani menghentikan guru untuk mengulangi penjelasan atau mengatakan terlalu cepat saat menyampaikan pelajaran.

Imbaulah putra dan putri ibu untuk belajar mendengarkan pelajaran dan menulis ulang sebanyak yang mereka bisa. Nama Anda sedang belajar membuat catatan, tidak harus dipesan. Tulisan minimum dapat dibaca oleh siswa sendiri. Tentu saja, tidak semua kata guru dicatat oleh semua siswa. Apa yang mereka anggap penting dapat dicatat.

Kebiasaan menulis apa yang dijelaskan guru sangat berguna bagi siswa untuk belajar lebih banyak di rumah. Ini untuk membuatnya lebih mudah untuk mengulang pelajaran di rumah. Karena itu, tuliskan hanya poin-poin penting yang dijelaskan. Untuk siswa yang rajin, di rumah Anda dapat memesan dan membuat setiap poin.

Metode pemetaan mental

Mencatat menggunakan metode pemetaan mental atau yang biasa disebut pemetaan pikiran adalah untuk meringkas topik pelajaran dengan mengembangkan cabang-cabang topik. Pemetaan mental akan memudahkan kita untuk mengingat dan memahami konsep pelajaran. Selain itu, dengan pemetaan mental, kita tidak akan repot melihat banyak tulisan karena pemetaan mental terdiri dari poin-poin penting yang mudah dipahami dan dihafalkan.

Menggunakan spidol warna

Menggunakan spidol warna

Biasanya, not akan terlihat monoton dan kurang menarik dengan penggunaan warna hitam saja. Tetapi ketika menggunakan spidol warna, kita tidak akan bosan melihat ringkasan pelajaran karena warnanya mencolok. Warna-warna ini memudahkan kita untuk mengingat setiap poin.

Gunakan simbol atau gambar tertentu

Selain penggunaan penanda warna, penggunaan simbol atau gambar juga efektif untuk merangkum pelajaran. Misalnya, dengan memberi simbol patung untuk mata pelajaran IPS atau simbol kalkulator untuk pelajaran matematika agar catatan terlihat menarik.

Demikian tips untuk merangkum topik menarik dan efektif. Semoga tips ini dapat membantu kegiatan belajar dan menjadikan belajar lebih menyenangkan dan efektif.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>