Ini Manfaat Taman, Di Lingkungan Sekolah

SEKOLAH adalah tempat yang digunakan oleh siswa untuk belajar dan belajar. Sekolah, dalam bentuk bangunan yang didirikan, beserta fasilitasnya.

taman sekolah

Menurut Perdana Menteri Pendidikan Indonesia, Suwardi Suryaningrat atau lebih dikenal dengan Ki Hadjar Dewantara, sekolah adalah tempat yang menyenangkan untuk belajar. Karena itu, sekolah harus memiliki fasilitas dan fasilitas yang dapat mendukung proses belajar siswa.

Fasilitas umum seperti perpustakaan, laboratorium, lapangan olahraga, dll. Selain fasilitas dan fasilitas yang memadai, sekolah juga membutuhkan lingkungan yang nyaman bagi siswanya. Untuk alasan ini, taman juga dapat disediakan di dalam sekolah, yang biasa disebut taman sekolah. Sedangkan kegiatannya disebut parkization sekolah.

Bukan hal yang aneh bagi sekolah untuk menyediakan fasilitas dalam bentuk taman sekolah. Namun, masih banyak sekolah yang tidak memiliki taman di sekolah mereka. Itu, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Antara lain, kurangnya dana untuk membuat taman sekolah, atau bisa juga dari sekolah yang masih belum memperhatikan pentingnya taman sekolah.

Parkir adalah salah satu kegiatan yang menyediakan fasilitas untuk mendukung proses belajar siswa. Sekolah taman memiliki beberapa manfaat, untuk sekolah, yaitu untuk memperindah lingkungan sekolah dan memberikan perasaan segar, karena dikelilingi oleh tanaman yang indah. Taman sekolah dapat memotivasi siswa untuk belajar karena dengan lingkungan sekolah yang indah dan sejuk, mereka akan merasa betah dan bersemangat untuk belajar.

Selain itu, ini juga untuk menambah kegiatan lain sehingga siswa dapat merawat dan memelihara tanaman yang ada di lingkungan sekolah mereka. Karena itu, akan menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan. Terutama pada tanaman dan menumbuhkan rasa keindahan dan kebersihan lingkungan bagi siswa.

Hal ini telah ditunjukkan oleh penulis, di SD Negeri Growong, Kabupaten Tempuran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Disutradarai oleh kepala sekolah, Isma’il SPd, Sekolah Dasar Negeri Growong secara intensif memimpin taman. Dengan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Direktur, parkir dilakukan secara terprogram.

Tujuan utamanya adalah untuk memperindah sekolah. Dengan lingkungan sekolah yang indah, Anda diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih banyak untuk meningkatkan prestasi mereka.

Kegiatan taman dimulai dengan persiapan tempat yang digunakan sebagai taman sekolah.

Siswa berpartisipasi dengan membawa bunga atau tanaman dari rumah. Tanaman yang dibawa oleh siswa, seperti aneka bunga, cabai, terong, kacang hijau dan lainnya.

Siswa juga membawa humus dan pupuk organik dari rumah. Pemeliharaan taman sekolah dapat diterapkan dengan memilih siswa. Ini untuk mempraktikkan tanggung jawab, kepemilikan, dan kolaborasi di antara siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*